--> Cara Mengaktifkan Lineweight Autocad | SIPILKUSIPILMU

Wednesday 25 July 2018

Cara Mengaktifkan Lineweight Autocad

| Wednesday 25 July 2018
Disaat kita menggambar perencanaan bagunan di dalam autocad, layer dan ketebalan garis pada AutoCAD terlihat memiliki ukuran yang sama sekalipun sudah diatur besarannya. Hal ini dikarenakan secara default Control Lineweight Display di AutoCAD non aktif sehingga garis akan terlihat sama semuanya.

Hal ini sebenarnya cukup bagus hanya untuk dilihat sekilas, pasalnya ketika proses penggambaran karena garis terlihat lebih rapih dan bersih, akan tetapi ketika mulai di print, jika ternyata ada kesalahan penggunaan ketebalan garis pada layer maka ketebalan garis baru terlihat sehingga justru hal ini malah membuat gambar yang di print menjadi berantakan semua, (semua ukuran garis muncul pada saat di print out).

Naaah...oleh karena itu, sebelum di print, ada baiknya kita semua mengecek kembali struktur ketebalan garis yang sudah kita buat pada layer di AutoCAD agar hasil print out gambar kerja AutoCAD anda terlihat lebih baik. Selain itu, pastikan anda memahami panduan plotting gambar di AutoCAD agar hasil print dapat dicetak dengan baik dan rapih.

Untuk itu kita semua harus mengaktifkan Control Lineweight Display ini agar besaran ketebalan garis dapat terlihat.

Berikut langkah-langkahnya :

1. Jalankan Command : LW (LWEIGHT) kemudian ENTER

2. Centang Checkbox Display Lineweight
Sekarang garis yang memiliki ukuran tertentu akan terlihat berbeda. Untuk menonaktifkannya kembali ke default yaitu dengan menghilangkan tanda centang pada checkbox Display Lineweight

Catatan :

Garis dengan ketebalan 0.20 - 0.25 kebawah biasanya tidak terlalu terlihat jelas perbedaan ketebalannya dari garis default. Saat menggambar sebaiknya anda matikan saja fitur ini karena akan cukup mengganggu. Aktifkan saja ketika anda akan memulai print untuk mengecek komposisi ketebalan garis agar hasil printnya bagus.

Related Posts

3 comments:

  1. Untuk membeli tutorial AutoCad pemula hingga mahir di sipilkusipilmu cara memesan nya bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan hubungi staf kami dengan meng klik link "hubungi kami".

      Delete
  2. lw nya sudah aktif dan di tampilan cadnya sudah tebal tapi pas di cetak ke pdf tetep saja tipis hasilnya. itu knapa ya

    ReplyDelete