--> CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN BATU BATA | SIPILKUSIPILMU

Tuesday 3 March 2015

CARA MENGHITUNG KEBUTUHAN BATU BATA

| Tuesday 3 March 2015
Sering kali saya mendapatkan pertanyaan tentang bagaimana caranya menghitung kebutuhan batu bata dalam suatu proyek pembangunan, sebenarnya ini bukanlah hal yang sulit jika kita semua mengetahui hitungan dasar dari kebutuhan batu bata, semua rumus tidak akan lepas dari rumus dasar matematika, hem....biasanya kita selalu minder ketika kita mendengar kata "Matematika" yang sangat identik dengan hitungan hitungan saja, namun pada perhitungan kebutuhan batu bata atau semua perhitungan Volume rumah atau bahkan Rencana Anggaran Biasa atau yang biasa disebut "RAB", tidak akan serumit perhitungan matermatika SMA / SMK, karena disini kita memainkan logika dan hitungan "Terapan". Jadi jangan minder ketika melihat perhitungan seperti ini, mari kita simak bersama-sama, "Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata dalam Suatu Proyek Pembangunan".

"HITUNGAN TEORITIS KEBUTUHAN BATU BATA"
Hitungan Teoritis atau biasa dikenal dengan hitungan "Halus" dari "Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata dalam Suatu Proyek Pembangunan".
  1. Cari luas 1 Batu Bata + Spesi Mortar
  2. Dengan cara mengukur "Panjang dan Tinggi" Batu Bata terlebih dahulu, misalnya didapat nilai Panjang = 21 cm, Tinggi = 4,5 cm.
  3. Tambahkan ketebalan Spesi Mortar (luluhan) terhadap "Sisi Atas Batu Bata" dan "Sisi Samping Batu Bata", tambahan Spesi Mortar = 2 cm. 
  4. Didapat nilai Efisiensi 1 buah Batu bata yang telah dilapisi Spesi Mortar (luluhan) (pada kedua sisi atas dan samping), Panjangnya menjadi = 23 cm dan Tingginya menjadi = 6,5 cm.
  5. Sekarang bisa kita lakukan Perhitungan, yaitu:
    Luas Efisiensi 1 Batu bata + Mortar = 0,27 m x 0,075 m (satuan dalam “M”) = 0,01495 m2
  • Jadi, Jumlah Batu bata Per-"m2" Perseginya adalah = 1 m2 : 0,01495 m2 = 66,88 ↔ 67 bh/m2
Contoh kasus:
  • Dengan Maraknya Penurian di Desa Pak Hanafi, Pak Hanafi membuat pagar dinding tertutup penuh, untuk mengurangi resiko terjadinya pencurian Bunga "gelombang Cinta", ukuran pagar yang direncanakan adalah 11 m x 10 m dengan tinggi dinding 3m, Berapakah jumlah batu bata yang dibutuhkan?
  • Penyelesaian:
    Panjang dinding = Keliling Dinding = 2 x (p+l) = 2 x (11+10) = 42m
    Tingi dinding = 3m
    Luas dinding = 42m x 3m = 126 m2
    Setelah itu kita cari "Kebutuhan Batu Bata", caranya:
    Luas dinding x Jumlah Batu Bata dalam 1 m2 "(67bh/m2)"
    = 126m2 x 67bh/m2
    = 8442 buah batu bata
Bagaimana?
Mudah kan?


Jika anda semua yang membaca "Cara Menghitung Kebutuhan Batu Bata dalam Suatu Proyek Pembangunan" ini mempunyai cara yang lebih cepat untuk menghitungnya, bisa kalian semua bagi dalam komentar di bawah :-)
Terimakasih....

Related Posts

No comments:

Post a Comment