Wednesday, 11 March 2015

PERHITUNGAN KAP

| Wednesday, 11 March 2015
PENGERTIAN ATAP

Atap merupakan bagian dari bangunan gedung (rumah) yang letaknya berada dibagian paling atas, sehingga untuk perencanaannya atap ini haruslah diperhitungkan dan harus mendapat perhatian yang khusus dari si perencana (arsitek). Karena dilihat dari penampakannya ataplah yang paling pertama kali terlihat oleh pandangan setiap yang memperhatikannya. Untuk itu dalam merencanakan bentuk atap harus mempunyai daya arstistik. Bisa juga dikatakan bahwa atap merupakan mahkota dari suatu bangunan rumah. Atap sebagai penutup seluruh ruangan yang ada di bawahnya, sehingga akan terlindung dari panas, hujan, angin dan binatang buas serta keamanan.

Atap merupakan bagian dari struktur bangunan yng berfungsi sebagai penutup/pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan sehingga memberikan kenyamanan bagi penggunan bangunan.

Struktur atap pada umumnya terdiri dari tiga bagian utama yaitu : struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan atau balok.

Konstruksi atap yang baik memungkinkan terjadinya sirkulasi udara dengan baik. Sudah sewajarnya setiap rumah dilengkapi dengan atap. Atap rumah merupakan bagian dari bangunan yang befungsi sebagai penutup atau pelindung bangunan dari panas terik matahari dan hujan, sehingga memberikan kenyamanan bagi pengguna bangunan.

Atap rumah merupakan bagian penting pada konstruksi bangunan rumah karena berada di atas untuk menutupi seluruh bagian bangunan.

Untuk konstruksi atau struktur, pada umumnya, atap terdiri dari tiga bagian utama yaitu struktur penutup atap, gording dan rangka kuda-kuda. Penutup atap akan didukung oleh struktur rangka atap, yang terdiri dari kuda-kuda, gording, usuk dan reng. Beban-beban atap akan diteruskan ke dalam fondasi melalui kolom dan atau balok.

kap atap merupakan elemen bangunan yang sangat penting sekali, mengingat tempat nya yang berada di atas sebagai peneduh atau pelindung elemen rumah ada yang ada di bawah nya...

kap atap rumah mempunyai peran yang sangat penting, oleh karena itu dalam merencakanya harus denga sangat teliti sekali, bisa menggunakan jasa estimator, agar bisa diperhitungkan angin hisap dan angin tekanya,, karena sekarang banyak genteng yang sudah di modifikasi dengan sangat ringan, atau yang di kenal dengan namanya multiroof. jika angin hisap dan angin tekanya tidak diperhitungkan, kemungkinan terburuk adalah kap atap rumahya bisa terbaik,. dan ini tidak diingainkan oleh semua orang pecinta keindahan bangunan.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal hal diatas, sipilkusipilmu memberikan sedikit gambaran bagaimana caranya menghitung atau perhitungan kap atap rumah sederhana denga data data yang jelas di bawah ini:


Related Posts

No comments:

Post a Comment