Friday, 6 March 2015

TIPS MEMILIH BATU BATA YANG BAIK DAN BAGUS

| Friday, 6 March 2015
Pembangunan Rumah sesuai dengan fungsi utamanya yaitu sebagai tempat tinggal atau rumah tinggal, semestinya harus mengakomodasi dan melingkup kepentingan-kepentingan pemilik rumah. Bukan hanya sekedar tempat tidur, akan tetapi juga merupakan tempat kegiatan kehidupan sehari-hari, Rumah yang kita bangun haruslah kokoh, awet dan tahan terhadap cuaca, rumah tersebut dapat kita miliki jika pada saat pembangunannya kita bisa memilih bahan bahan bangunan yang tepat dan sesuai spesifikasi.
Contohnya Batu Bata, batu bata yang baik dan bagus adalah batu bata buatan pabrik atau batu bata yang pada saat pembuatanya di pres. Bukan berarti batu bata yang konvensional/tradisional tidak berkualitas. Secara tampilan fisik/visual batu bata yang baik dan bagus adalah yang memberikan suara yang nyaring krtika diketok.

Sebuah suara tidak nyaring dari batu bata menunjukkan bahwa batu bata tersebut lembut-lemah-rapuh. Batu bata yang baik tidak menyerap lebih dari sepersepuluh jumlah air. Sebuah tes yang sederhana dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
  1. Jika kita amati dan perhatikan banyak batu bata yang patah maupun pecah pecah rambut pada saat di toko material maka batu bata tersebut tidak baik dalam artian rapuh.
  2. Dapat juga di cek dengan cara menggesekan potongan besi pada batu bata, bila muncul suara yang nyaring maka batu bata tersebut berkualitas baik dan bagus untuk pembangunan.
  3. Cara lain dengan cara membelah atau membagi dua batu bata tersebut. Bila bagian dalam belahan batu bata tersebut berwarna merah merata maka bisa dipastikan batu bata tersebut baik, dengan alasan sudah matang pada saat pembakaran.
  4. Perhatikan Tumpukan batu bata pada saat diturunkan dari truk pengangkut. jika banyak batu bata yang patah atau pecah maka batu bata tersebut kurang baik.
  5. Ambil 1 batu bata dan timbang bata tersebut, setelah itu batu bata direndam dalam air selama 24 jam, kemudian tiimbang kembali. Dan hitung selisih hasi timbangan setelah direndam dan sebelum direndam maka dapat dihitung jumlah daya serap air.
Ada beberapa tips untuk melihat batu bata yang berkualitas baik dan bagus, diantaranya sebagai berikut:
  1. Batu bata haruslah terbebas dari retakan atau cacat, maupun benjolan.
  2. Batu bata harus sama/seragam dalam ukuran, dengan sudut tajam dan tepi yang sama rata.
  3. Permukaan haruslah benar benar persegi / rata satu sama lain untuk menjamin kerapian pekerjaan bangunan.
  4. Mempunyai ukuran, kuat tekan dan daya serap air yang sesuai dengan spesifikasi yang diizinkan.
Bagaimana Mudah kan......Semoga bisa membantu.....

Search:
cara memilih batu bata yang baik dan bagus,ciri-ciri / tanda tanda batu bata yang baik dan bagus, bata merah yang bagus dan baik, tanda batu bata yang bagus dan baik, ciri bata merah yang baik dan bagus, cara memilih batu bata yang bagus dan baik , batu bata yang bagus, tandanya bata merah yang bagus, batu bata yang bagus, batu bata merah yang bagus, baik dan sesuai, tips memilih batu bata yang berkualitas, cara
memilih batu bata yang berkualitas.

Related Posts

No comments:

Post a Comment