Friday, 9 March 2018

Teknik Gambar Bangunan

| Friday, 9 March 2018
Teknik Gambar Bangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang segala macam perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dan perbaikan gedung. Nah.. kegiatannya adalah belajar menggambar rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya konstruksi bangunan, melaksankan/perancangan bangunan dan memelihara kontruksi bangunan.

Untuk adek-adek sipilkusipilmu yang mau melanjutkan sekolah SMK dan masuk jurusan ini jangan khawatir tentang hal menggambarnya. Jangan berfikiran “saya tidak bisa menggambar” atau “saya tidak punya bakat menggambar” atau bahkan saya tidak punya skill untuk menghitung suatu konstruksi. Di jurusan ini kalian akan diajari mulai dari awal dari belum bisa menggambar hingga jago menggambar plus menghitung kebutuhan bangunan.

Banyak sekali lulusan angkatan saya yang berhasil di teknik ini teknik gambar bangunan sebagai arsitek handal yang gajinya sangat sangat amazing. Salah satu teman saya sekarang bekerja sebagai arsitek di Jakarta dan ambon dengan gaji hamper 6,5 juta perbulannya. Bagaimana ? Keren bukan ? wooow..... amaziiiing.

Peluang Peluang Kerja di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Meliputi :

DRAFTER : Drafter bertugas membuat gambar bangunan baik itu gambar bangunan, gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.
QUANTITY SURVEYOR : Bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.
PELAKSANA LAPANGAN : Bertugas memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.
QUALITY QONTROL : Bertugas mengontrol kualitas pekerjaan proyek.
PENGENDALIAN PROYEK : Menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan bangunan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.
LOGISTIK : Bertugas menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.
KONSULTAN PERENCANA : Membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi.
KONTRAKTOR / PEMBORONG : Melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunanya

Nah sekarang Apa itu Arsitektur ?

Arsitektur adalah sebuah seni yang dilakukan oleh setiap/banyak individual untuk mengimajinasikan diri mereka dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut.


Sekian dulu sahabat sahabat sipilkusipilmu artikel saya tentang jurusan teknik gambar bangunan. Semoga bermanfaat.

Terimakasih

Related Posts

No comments:

Post a Comment