Saturday, 11 August 2018

Cara Menginstall Plugin ber file rb dan rbz Pada Sketchup

| Saturday, 11 August 2018
Cara Menginstall Plugin ber file rb dan rbz Pada Sketchup 2017,2018


Dalam artikel kali ini, Sipilkusipilmu akan berbagi trik trik bagaimana carnya meng-instal plugin untuk sketchup 2017,2018. Sebagai pengguna sketchup, kita semua pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah "plugin". Tetapi bagi para pengguna baru/baru belajar sketchup mungkin banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya plugin itu sendiri. Kita bisa dapatkan berbagai macam plugin sketchup secara resmi di situs resminya sketchup.
Plugin Sketch Up adalah ekstensi tambahan sketch up yang bisa diinstal secara langsung/offline pada Sketchup. Plugin sangat membantu kita dalam mengoperasikan sketch up, baik modelling ataupun yang lain. Dari sekian banyak plugin yang ada, sebagian besar adalah ber-extensi .rb (Ruby File) atau .rbz (Zipped Ruby File). Berikut adalah cara meng-install plugin sketch up 2017,2018.

  • Cara memasang file .rb (Ruby File) di sketchup 2017,2018.
    apabila yang kalian telah miliki adalah file berformat RB maka kalian cukup menempatkanya pada folder yang sesuai kemudian restart/muai ulang aplikasinya, dan kita tidak usah mengintallnya. dan perlu diperhatikan juga lokasi default dibawah ini untuk (os) windows saja, untuk apple, manchitos dan os lainya, masih belum saya coba atau saya masih kurang faham, bahkan tidak tahu sama sekali, jika sahabat sipilkuspilmu tahu boleh juga kami di kasih tau dengan komen dibawah artikel ini.

berikut ini adalah lokasi plugin sketchup
lokasi plugin SketchUp 8, C:> Program Files > Google > Google SketchUp # > Plugins.
lokasi plugin SketchUp 2013, C: > Program Files > SketchUp > SketchUp # # # # > Plugins.
lokasi plugin SketchUp 2014, C: > Users > Username Anda > AppData > Roaming > SketchUp > SketchUp 2014 > SketchUp > Plugins
lokasi plugin SketchUp 2015, C: > Users > Username Anda > AppData > Roaming > SketchUp > SketchUp 2015 > SketchUp > Plugins
lokasi plugin SketchUp 2016, C: > Users > Username Anda > AppData > Roaming > SketchUp > SketchUp 2016 > SketchUp > Plugins
lokasi plugin SketchUp 2017, C: > Users > Username Anda > AppData > Roaming > SketchUp > SketchUp 2017 > SketchUp > Plugins.
apabila sudah sahabat letakan di foldder tersebut, bukalah sketchup sahabat semua dan nikmati fitur plugin yang sudah sahabat instal. Dalam beberapa kasus ada yang gagal dan plugin tidak bisa digunakan, ada juga yang tidak muncul, tapi selama ini saya coba hampir semuanya jalan  atau aman terkendali.

  • Cara Mengisntall Zipped Ruby File ( .rbz ) di sketchup 2017,2018.
    Cara ini adalah cara memasang plugin sketchup yang paling mudah sekali dilakukan, karena file rbz merupakan file yang masih utuh dan tidak hasil instalan-instalan sebelumnya, berbeda sekali dengan file rb yang merupakan bekas instalan sebelumnya. berikut ini adalah cara meng-isntall Zipped Ruby File ( .rbz ) di sketchup 2017,2018.
Cara memasang plugin .rbz

Pertama Buka SketchUp
kemudia pilih Window - Extensions Manager
cara menginstall plugin sketchup 2017,2018
Pilih Install Extensions

cara menginstall plugin sketchup 2017,2018
selanjutnya cari pilih plugin dengan extensi .rbz yang akan install.
setelah sudah mengikuti langkah diatas jangan lupa untuk me-restart aplikasi google sketchup dan buka kembali extensi manager di sketchup 2017,2018 agar extensi yang baru kita install terlihat dan bisa kita nikmati,..

Terakir... selamat menikmati



Related Posts

No comments:

Post a Comment