Thursday, 16 August 2018

Konstruksi Daun Jendela Kaca Rangka Aluminium

| Thursday, 16 August 2018
Konstruksi Daun Jendela Kaca Rangka Aluminium

a. Memahami jenis-jenis daun jendela kaca rangka aluminium
Pada perkembangan dewasa ini konstruksi kusen pintu/jendela bangunan gedung baik gedung perkantoran, hotel, bank, supermarket, rumah sakit dan lain-lain bahkan rumah tinggal pun mulai banyak menggunakan bahan dari aluminium. Disamping konstruksinya yang ringan juga dari segi penampilan bangunan kelihatan lebih artistik bila menggunakan kusen dan daun pintu/jendela aluminium.

Pada umumnya konstruksi kusen dan daun pintu/jendela menggunakan bahan penutup daun dari kaca tebal 5 mm yang sisi-sisinya keliling diberi lis karet.
Khususnya untuk konstruksi daun jendela kaca dengan rangka aluminium kita mengenal beberapa 3 model yaitu Swing, Cusment, dan Sliding.

1) Daun jendela Swing

Yaitu bentuk daun jendela kaca rangka aluminium yang gerakan membuka menutupnya menggunakan engsel kupu biasa dengan penguncinya biasanya menggunakan kunci grendel.
Arah gerakan membuka / menutup bisa horisontal kanan kiri yang menggunakan engsel kupu dipasang di sisi kiri atau kanan daun jendela, atau arah gerakannya vertikal naik turun dengan engsel kupu dipasang di sisi atas atau sisi bawah daun jendela. Untuk memudahkan membuka dan menutup daun jendela jenis ini perlu dipasang handel dan hak angin. Handel adalah pegangan untuk mendorong atau menarik daun jendela, dan Hak Angin adalah elemen penyangga pada saat daun jendela dibuka.

2) Daun jendela Cusment
Yaitu bentuk daun jendela kaca rangka aluminium yang gerakan membuka menutupnya menggunakan engsel cusment dan penguncinya menggunakan kunci khusus ( kunci jendela cusment ).










3) Daun jendela Sliding
Yaitu bentuk daun jendela kaca rangka aluminium yang biasanya sepasang gerakan membuka menutupnya dengan cara didorong atau ditarik mendatar. Di bagian bawah daun jendela dipasang roda yang dapat dijalankan di atas rel khusus, sedang di bagian atas daun jendela masuk pada alur tidak pakai roda. Untuk konstruksi rel dan alur terdapat profil khusus yang disebut Rel atas dan Rel bawah.
Rel atas dan rel bawah ini dalam perdagangan tersedia dengan panjang 6 meter dapt dipotong sesuai keperluan dan tinggal dipasangan dengan cara disekrupkan atau dengan paku keling rivet.
Sedangkan untuk penguncinya terdapat bentuk khusus yang dipasang pada pertemuan kedua daun jendela sehingga pada posisi menutup dapat dikunci.




b. Profil-profil batang untuk rangka daun jendela aluminium
Adapun bahan aluminium untuk pembuatan rangka daun jendela ada berbagai macam bentuk profil penampang dengan panjang batang dalam perdagangan adalah 6 meteran. Untuk pengenalan bentuk macam-macam engsel, kunci, handel, dan hak angin tidak dibahas dalam modul ini karena ada modul lain yang membahas mengenai alat-alat penggantung dan pengunci daun pintu / jendela aluminium.
Berikut ini disajikan bentuk-bentuk profil batang aluminium yang secara umum digunakan untuk konstruksi rangka daun jendela kaca :





c. Konstruksi pertemuan antar batang rangka daun jendela
Pada prinsipnya untuk semua konstruksi pertemuan antar batang rangka daun jendela adalah menggunakan sekrup dan kadang-kadang diperlukan potongan batang profil siku ( L ) untuk penghubung dengan cara disekrupkan di kedua profil batang yang dihubungkan. Potongan profil siku tersebut diletakkan sedemikan rupa di bagian dalam profil batang rangka daun jendela sehingga tidak kelihatan dari luar, dan penyekrupannya pun dibuat ditempatkan sehingga kepala paku sekrup tidak muncul / tidak tampak dari luar. Dengan demikian konstruksi pertemuan antar batang dari luar tetap tampak rapi seperti tidak ada konstruksi perkuatan di dalamnya.

Contoh Gambar Rencana Kerja Konstruksi Daun Jendela Kaca Rangka Aluminium

Gambar Rencana Kerja Konstruksi Daun Jendela Kaca Rangka Aluminium dapat di download dengan meng-klik salah 1 gambar dibawah ini, pilih sesuai dengan gambar yang diinginkan.

Klik Gambar Untuk Memperbesar
Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Klik Gambar Untuk Memperbesar

Download Daun Jendela Kaca Rangka Aluminium , download jendela kaca, jendela kaca, kaca aluminium, rangka jendela kaca aluminum, daun jendela kaca, daun jendela kaca aluminium.

Related Posts

No comments:

Post a Comment