Thursday, 27 February 2020

Proses Pembuatan Adukan Untuk Spesi Atau Perekat Pasangan Dinding Bata Merah

| Thursday, 27 February 2020
PROSES PEMBUATAN ADUKAN UNTUK SPESI ATAU PEREKAT PASANGAN DINDING BATA MERAH

Proses pembuatan adukan semen yang digunakan untuk membuat spesi atau perekat untuk pasangan dinding maupun batu kali yang selama ini kita ketahui banyak sekali variasi/macamnya dalam hal pembuatanya, kenapa? karena seperti pepatah jawa mengatakan "seje deso mowo coro", beda daerah beda caranya, padahal kita sudah punya acuan yang pasti terkait proses pembuatan spesi contohnya aturan yang ada di dalam SNI (Standar Nasional Indonesia), untuk campuran spesi ada yang menggunakan 1:3, 1:4, 1:5. Sudah sangat jelas sekali, namun di daerah daerah tertentu masih ada yang menggunakan campuran lain nya karena hanya untuk menghemat biaya pembuatanya, hehe.. biasa kita kan indonesia sekali.

Adukan semen pada bangunan rumah sering kali menjadi permasalahan karena kualitas adukan tidak baik, seperti pecah, rapuh, dan sebagainya. Hal tersebut terjadi karena kesalahan teknis, kurangnya pengawasan, serta kecerobohan para pekerja bangunan dalam proses pembuatan adukan. adukan untuk spesi atau perekat.

Adukan perekat terdiri dari campuran semen dan pasir dengan perbandingan tertentu sesuai penggunaannya, biasa digunakan untuk pekerjaan pasangan seperti pasangan pondasi batu kali, pasangan dinding bata merah, dan pasangan bata dan batu untuk pekerjaan lain seperti drainase, pagar, dinding septicktank dll. Perbandingan antara bahan-bahan semen dan pasir untuk menghasilkan kualitas adukan yang baik, kokoh, dan kuat harus berdasarkan ketentuan campuran adukan sesuai standar konstruksi nasional (SNI). 

Untuk mengetahui komposisi adukan yang baik dapat menggunakan Analisa Harga Satuan Pekerjaan Konstruksi (AHS-SNI). 

Perbandingan campuran adukan untuk pekerjaan pasangan seperti pasangan pondasi, pasangan dinding bata merah mulai dari perbandingan campuranya teman teman: 
1. Campuran : 1 Semen : 3 Pasir 
2. Campuran : 1 Semen : 4 Pasir 
3. Campuran : 1 Semen : 5 Pasir 

Perbandingan yang paling sedikit pasirnya tentunya paling baik kualitasnya, tapi ketiganya sudah merupakan standard nasional.

Simak video berikut proses pembuatan Adukan Untuk Spesi Atau Perekat Pasangan Dinding Bata Merah.

Related Posts

No comments:

Post a Comment