--> Indoor Swimming Pool Design Ideas For Your Home | SIPILKUSIPILMU

Tuesday, 3 March 2020

Indoor Swimming Pool Design Ideas For Your Home

| Tuesday, 3 March 2020
Ide Desain Kolam Renang Indoor untuk Rumah Anda

Kolam renang merupakan suatu konstruksi buatan yang dirancang untuk diisi dengan air dan berfungsi untuk tempat berenang, menyelam, atau aktivitas air lainnya. 

Kolam renang pribadi adalah simbolis bagi pemiliknya, karena memang membutuhkan banyak tempat dan biaya perawatan yang besar untuk hanya mengelola kolam renang hingga benar benar bisa membantu kita mengeluarkan inspirasi. 

Kolam renang atau pada umumnya adalah bagian dari pusat kebugaran jasmani atau taman rekreasi, dengan fasilitas-fasilitas lainya. 

Sekarang kita akan memasuki intinya teman teman semua, apa yang sebenarnya akan kita ketehui terkait "Ide Desain Kolam Renang Indoor untuk Rumah Anda". 

Kolam renang dapat diartikan sebagai tempat dimana orang bisa melakukan suatu kegiatan mandi atau membersihkan badan baik yang bertujuan untuk olah raga maupun hanya sekedar mencari kesenangan. Banyak definisi kolam renang yang dikemukakan antara lain menurut Menteri Kesehatan dalam Permenkes No. 061/Menkes/Per/I/1991 dalam Rozanto (2015), tentang persyaratan kesehatan kolam renang dan pemandian umum menyatakan “kolam renang adalah suatu usaha bagi umum yang menyediakan tempat untuk berenang, berekreasi, berolah raga serta juga pelayanan lainnya menggunakan air bersih yang telah diolah”.

Tipe dan macam-macam kolam renang

Berbagai macam kolam dibuat orang dan dilengkapi dengan fasilitas dan perlengkapan lainnya berdasarkan arsitekstur dan konstruksi yang memadai. Kolam renang ini biasanya disebut dengan kolam renang buatan atau “artificial bething places”. Kolam renang dapat dibedakan menjadi beberapa tipe menurut pemakaian, letak, dan cara pengisian airnya (Rozanto, 2015). Menurut Elpizunianti (2001), macam-macam kolam renang dipandang dari segi lokasinya, dibedakan menjadi dua macam, yaitu:

  1. Indoor-pool, yaitu kolam renang yang berlokasi di halaman perumahan atau pemukiman penduduk. Kolam renang seperti ini biasanya dimiliki dan diperuntukkan bagi perorangan atau kelompok yang digunakan untuk keluarga atau tamu-tamunya.
  2. Outdoor-pool, yaitu kolam renang yang berlokasi di luar halaman pemukiman penduduk. Kolam renang semacam ini biasanya diperuntukkan bagi umum.

Fungsi Kolam Renang
Kolam Renang sebagai Sarana Olahraga
Fungsi kolam renang yang pertama yaitu sebagai sarana olahraga atau kebugaran tubuh. Berenang merupakan salah satu jenis olahraga yang memiliki banyak manfaat dan menyehatkan. Penelitian terbaru menunjukkan jika olahraga renang sangat efektif dalam mengurangi resiko penyakit Arthritis.

Selain itu, berenang dilihat dari kaca mata kedokteran juga dipercaya bisa mengurangi penyakit asma dan menurunkan resiko penyakit jantung. Dan juga, jika anda ingin menambah tinggi badan serta meningkatkan kekuatan otot, berenang bisa menjadi solusi terbaik untuk diambil. Makadari itu, dengan adanya fasilitas kolam renang di sekitar kita, teman teman bisa dengan bebas melakukan kegiatan berenang dan mengambil manfaatnya.

Terapi Medis pada Kolam Renang
Fungsi kolam renang yang tak kalah menariknya adalah untuk tempat terapi medis. Terapi medis dapat dilakukan dengan berendam atau relaksasi. Menurut beberapa jurnal kesehatan, ada sebuah penyakit yang dalam pengobatannya, penderita disarankan untuk berendam atau berjalan-jalan di dalam air. Relaksasi seperti ini juga sangat efektif dalam menghilangkan stres dan ketegangan otot. Khususnya pada kolam renang dengan fasilitas Jacuzzi, anda juga bisa menggunakannya sebagai sarana untuk melakukan pijat air setelah yang padat.

Sebagai Simbol
Kolam renang juga dapat berfungsi sebagai simbol dari pemilik rumah, biasanya simbol ini menunjukkan perbedaan diantara rumah lainya, horang kaya... kwkwkw. Fungsi kolam renang ini biasanya diterapkan pada bangunan atau property seperti apartemen dan hotel untuk memberikan ciri atau karakter pada bangunan tersebut. Untuk fungsi kolam renang ini, biasanya kolam yang dibuat tidak digunakan untuk berenang.

Kolam ini hanya diperuntukkan sebagai symbol untuk mendongkrak ciri khas yang dimiliki bangunan tersebut. Kolam-kolam ini biasanya memiliki kedalaman yang tidak terlalu dalam, atau sekitar 100 cm. Walaupun diberikan perawatan seperti kolam renang pada umunya, kolam ini hanya diperuntukan sebagai pelengkap arsitektur bangunan saja.

Itulah beberapa fungsi kolam renang yang perlu anda tahu. Dengan uraian diatas, kami berharap semoga kepedulian anda terhadap pentingnya fasilitas kolam renang dapat meningkat. Sekian bahasan kita kali ini, dan jika anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain terkait dengan topik diatas, silahkan untuk mengungkapkannya pada kolom komentar di bawah ini.

Rekreasi
Fungsi kolam renang yang selanjutnya adalah sebagai sarana rekreasi keluarga. Kolam renang umum merupakan kolam renang yang biasanya dikhususkan untuk menjalankan fungsi ini. Dengan berbagai fasilitas rekreasi seperti fasilitas bermain dan fasilitas untuk bersantai, kolam renang umum akan memastikan semua pengunjungnya merasa nyaman.

Fasilitas yang sangat menonjol dalam kolam renang yang dikhususkan untuk fungsi ini biasanya tidaak jauh-jauh dengan konsep permainan seperti perosotan dan papan loncat. Selain itu, beberapa kolam renang dengan konsep rekreasi juga menghadirkan kolam dengan ombak buatan. Dengan semua fasilitas tersebut, keutuhan anda akan rekreasi dapat terpenihi dengan baik.

Nah teman teman semua akhirnya sudah tau kan apa itu Kolam renang dan macam macam dari kolam renang seperti Indoor-pool dan Outdoor-pool serta fungsi dari kolam renang.

Dibawah ini kita akan melihat beberapa contoh desain atau ide desain yang menarik terkait "Indoor Swimming Pool Design Ideas For Your Home". Semoga bisa menginspirasi teman teman semua.
















Related Posts

No comments:

Post a comment