Wednesday, 11 March 2015

PERHITUNGAN POTAL

| Wednesday, 11 March 2015
Pengertian Portal Pada Sistem Struktur

Portal adalah pertemuan balok dan kolom dalam ranah struktur bangunan, atau secara lengkap bisa diartikan bahwa portal adalah suatu sistem yang terdiri dari bagian-bagian struktur yang saling berhubungan yang berfungsi menahan beban sebagai suatu kesatuan lengkap yang berdiri sendiri dengan atau tanpa dibantu oleh diafragma-diafragma horisontal atau sistem-sistem lantai.

Pada dasarnya sistem struktur bangunan terdiri 2, yaitu :

1. Portal terbuka, dimana seluruh momen-momen dan gaya yang bekerja pada konstruksi ditahan sepenuhnya oleh pondasi, sedangkan sloof hanya berfungsi untuk menahan dinding saja. Pada portal terbuka kekuatan dan kekakuan portal dalam menahan beban lateral dan kestabilannya tergantung pada kekuatan dari elemen-elemen strukturnya.

2. Portal tertutup, dimana momen-momen dan gaya yang bekerja pada konstruksi ditahan terlebih dahulu oleh sloof / beam kemudian diratakan, baru sebagian kecil beban dilimpahkan ke pondasi. Sloof / beam berfungsi sebagai pengikat kolom yang satu dengan yang lain untuk mencegah terjadinya Differential Settlement.
Dibawah ini contoh perhitungan struktur yang sangat sederhana , Perhitungan portal manual, yang menggunakan cara konventional,. yaitu dengan perhitungan mekanika dasar.

silahkan disimak contoh perhitungan portal sederhana dibawah ini:

Related Posts

No comments:

Post a Comment