Monday, 1 April 2019

Menampilkan Ketebalan Garis Di AutoCAD

| Monday, 1 April 2019
Dalam Dunia Menggambar Teknik, terutama dalam menggunakan software autocad, ketebalan garis pada AutoCAD memang terlihat memiliki ukuran yang hampir mirip/sama, atau bisa dikatakan mirip, dan itu sebenarnya sudah diatur besarannya sama pengembang autocad. Hal ini dikarenakan secara default Control Lineweight Display di AutoCAD non aktif , settingan dasar autocad untuk LWT (Line Weight nya off. Sehingga garis akan terlihat sama mirip semuanya, sama seperti kamu,..iya kamu... hehehe. Hal ini sebenarnya cukup bagus dan tidak terlalu berpengaruh dalam proses penggambaran karena garis terlihat lebih rapih dan bersih, akan tetapi berbeda cerita ketika kita hendak melakukan perintah print out, jika ternyata ada kesalahan penggunaan ketebalan garis layer maka ketebalan garis baru terlihat, sehingga justru hal ini malah membuat gambar print menjadi berantakan atau bisa dikatakan nilai arsitekturnya berkurang, karena penataan ketebalan garis yang kurang. Oleh karena itu, sebelum di print, ada baiknya anda mengecek kembali struktur ketebalan garis yang ada pada layer AutoCAD sahaba sahabar sipilkusipilmu sekalian, agar hasil print out gambar kerja AutoCAD agan semua terlihat lebih lebih baik serta rapi.

Langkah langkah dalam pengoperasian.. lest eksekusi....

1. Jalankan perintah LW/LWT (Lineweight) pada command autocad sahabat semua kemudian tekan enter.
2. Nanti akan ada pop-up box yang akan muncul seperti gambar di bawah ini:

3. Centang Checkbox Display Lineweight pada gambar diatas, sehingga seperti ini:


Sekarang garis yang awalny terlihat sama atau tidak memilki ketebalan dengan proses diatas terlihat dengan jelas perbedaan garis nya atau akan terlihat berbeda. Untuk menonaktifkannya ke default caranya tidak sulit dengan menghilangkan tanda centang pada checkbox Display Lineweight-nya.

Perhatian :
Garis Garis yang sudah sahabat sahabat semua setting dengan ketebalan 0.20-0.25 kebawah biasanya tidak terlalu terlihat jelas perbedaan ketebalannya dari garis default. namun pada saat dicetak akan nampak dengan jelas perbedaan nya. apalagi yang ketebalan garisnya 0.30 sangat terlihat dengan jelas kalau garis itu tebal.

pada saat proses menggambar sebaiknya sahabat semua matikan saja fitur ini karena akan cukup mengganggu. Saran sipilkusipilmu aktifkan saja ketika sahabat semua akan memulai print out untuk mengecek perbedaan ketebalan garis agar hasil print out-nya terlihat benar benar baik dan bagus.

Sekian dulu Tutorial Menampilkan Ketebalan Garis Di AutoCAD dari sipilkusipilmu semoga saja tutorial ini bisa berguna, bermanfaat dan mudah untuk di pahami kalayak ramai hahahaha, Nantikan Tutorial Menampilkan Ketebalan Garis Di AutoCAD selanjutnya dan dukung kami agar lebih semangat dalam berbagi tutorial dengan men-share ke sosial media info info yang menarik dari Tutorial sipilkusipilmu atau dengan melakukan kunjungan kembali pada blog ini. Apabila artikel ini bermanfaat buat kalian semua silahkan anda berbagi di media sosial yang sudah saya sediakan dibawah ini.

Tetap Semangat dalam belajar dan berkarya

Sekian dan Terimakasih.

Related Posts

No comments:

Post a Comment