--> Desain Interior Klasik | SIPILKUSIPILMU

Tuesday 17 March 2020

Desain Interior Klasik

| Tuesday 17 March 2020
Pengertian Desain interior adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan diigunakan untuk memecahkan masalah manusia. Salah satu bidang studi keilmuan yang didasarkan pada ilmu desain, bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik.

Understanding interior design is the study of the design of a work of art that is in a building and is used to solve human problems. One of the fields of scientific study based on design science, this field of science aims to create a built environment (inner space) together with its supporting elements, both physical and non-physical.

Sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik. Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun decoratif yang bersifat sementara.

So that the quality of human life in it becomes better. Interior design covers the field of architecture which covers the inside of the building. Example: A permanent, movable, and decorative interior design that is temporary.

Selain pengertian diatas ada pendapat lain yang mengatakan bahwa desain interior adalah proses penyusunan dan penciptaan elemen-elemen interior agar menjadi suatu kesatuan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan tertentu pada aspek estetis, keamanan dan kenyamanan ruangan.

In addition to the above understanding, there are other opinions that say that interior design is the process of compiling and creating interior elements to become interrelated units to achieve certain goals in the aesthetic, safety and comfort aspects of the room.

Pengertian diatas diperkuat oleh pernyataan Suptandar (1995: 11) bahwa desain interior adalah ilmu atau cara pengaturan ruangan, sehingga memenuhi persyaratan untuk memperoleh kenyamanan, kepuasan kebutuhan fisik dan spiritual serta keamanan bagi pemakainya tanpa mengabaikan faktor estetika.

Pengertian Desain
Desain interior terdiri dari dua suku kata, yaitu “desain” dan “interior”. Dalam KBBI desain berarti “kerangka bentuk; rancangan”, jadi desain adalah kegiatan merancang suatu rancangan. Namun arti dari kata desain tidak dapat dijabarkan sesederhana itu.

Definition of Design

Interior design consists of two syllables, namely "design" and "interior". In KBBI design means "form of framework, design", so design is the activity of designing a design. But the meaning of the word design cannot be explained so simply.

Desain adalah kata yang berasal dari bahasa inggris, yaitu “design”. Pengertian design sendiri dalam Kamus Oxford adalah Rencana atau gambar yang dibuat untuk memperlihatkan tampilan dan fungsi dari bangunan, pakaian, atau objek lainnya sebelum benar-benar dibuat.

Dapat disimpulkan desain adalah kegiatan untuk merancang sesuatu sebelum benar-benar dibuat, agar nantinya sesuatu yang telah dirancang itu berfungsi dengan baik dan berpenampilan menarik.

Pengertian Interior
Interior sendiri dalam KBBI adalah bagian dalam gedung (ruang dan sebagainya) atau tatanan perabot (hiasan dan sebagainya) di dalam ruang dalam gedung dan sebagainya. Jadi sudah jelas rasanya apa yang dimaksud dengan interior.

Understanding the Interior

The interior itself at KBBI is the inside of a building (space and so on) or the arrangement of furniture (decoration and so on) in a room inside a building and so on. So it is clear what is meant by interior.

Maka dapat disimpulkan bahwa desain interior adalah perancangan bagian dalam gedung sebelum benar-benar dibuat, agar bagian dalam gedung berfungsi dengan baik dan memiliki tampilan yang menarik.

Pengertian Menurut Pakar atau Ahli
Selanjutnya untuk memastikan pengertian desain interior yang kita sesuai dengan apa yang dimaksud oleh semua akademisi terkait, maka kita harus membandingkannya dengan pendapat-pendapat para ahli. Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli tersebut.

Understanding According to Expert or Expert
Furthermore, to ensure understanding of interior design that we are in accordance with what is meant by all related academics, then we must compare it with the opinions of experts. Following are some of the opinions of these experts.

D.K. Ching
Desain interior adalah merencanakan, menata, dan merancang ruang dalam bangunan, yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan sarana untuk bernaung dan berlindung, menentukan sekaligus mengatur aktivitas, memelihara aspirasi dan mengekspresikan ide, tindakan serta penampilan, perasaan, dan kepribadian.

Dodsworth
Dodsworth (2009: 8) Berpendapat bahwa desain interior bertujuan untuk membuat manusia sebagai pemakai ruang dapat beraktifitas dengan efektif dan merasa lebih nyaman pada ruangan tersebut.

Sementara itu desainer interior lebih mengedepankan estetika dalam perancangan interior ruangan atau bangunan yang tidak lepas dari kenyamanan, efisiensi, efektivitas, dan keamanan setiap elemen ruangan. Mulai dari pemilihan furniture, tata letak, pencahayaan, pemilihan warna, ceiling, hingga motif pola lantai.

Ada banyak aspek khusus dalam bangunan atau ruang yang perlu didesain mendetail. Biasanya, arsitek sebagai perancang bangunan akan meminta bantuan desainer khusus untuk merancang setiap bagian ruang dengan sedetail mungkin. Arsitek perlu bantuan interior designer, arsitek lanskap, desainer pencahayaan, dan desainer khusus lainnya.

There are many specific aspects in a building or space that need to be specified. Typically, architects as building designers will ask for the help of special designers to design each part of the space as detailed as possible. Architects need the help of interior designers, landscape architects, lighting designers, and other specialized designers.

Lingkup kerja interior designer biasanya berfokus pada satu ruang atau satu bagian ruang saja untuk memberikan kesan khusus pada ruang atau bagian ruang itu. Interior designer berperan untuk menciptakan area fungsional, aman,  nyaman, efisien, dan estetis yang mendukung fungsi ruang itu.

Para interior designer mempelajari dan mengaplikasikan kemampuan detailnya tentang :  
desain pencahayaanjenis, sifat, tekstur, dan warna bahan, serta pemanfaatannyateori dan sejarah desainsistem dan teknologi bangunandesain yang tahan lama dan tidak ketinggalan zamandesain yang bermanfaat dan mudah diaksesmanajemen proyekKode dan standar yang berlaku di wilayah atau negara masing-masing
Para interior designer juga mampu berkomunikasi baik dengan profesional lain di bidang yang berkaitan,  mulai dari arsitek sampai pedagang kain di pasar grosir. Kemampuan ini sangat diperlukan agar semua ide desain dapat terimplementasi dengan baik dan optimal.

Tujuan desain interior
  1. Memperbaiki fungsi
  2. Memperkaya nilai estetika
  3. Meningkatkan aspek psikologis dari sebuah ruangan
Berikut adalah contoh desain desain interior klasik, semoga bisa menginspirasi para penggemar sipilkusipilmu.






















Related Posts

No comments:

Post a Comment