Wednesday, 18 March 2020

Dinding Bronjong

| Wednesday, 18 March 2020
Bronjong adalah anyaman kawat baja yang dilapisi dengan seng atau galvanis guna membantu memperkuat tempat/wadah batu batuan. Anyaman kawat baja ini dibentuk menyerupai sebuah kotak atau balok. Bagian dalamnya diisi dengan batu-batuan berukuran kecil maupun besar tergantung penggunaanya untuk apa? ada yang digunakan untuk mencegah erosi ada yang digunakan untuk hiasan, ada juga yang dimanfaatkan untuk membuat dinding yang unik dari bronjong. Biasanya dipasang pada area tebing atau tepi sungai yang menjalani pekerjaan normalisasi serta untuk mengatasi gerusan akibat arus sungai. Karena kekuatan kawat baja ini cukup tinggi, maka untuk menganyam dan membentuknya membutuhkan tenaga mesin.

Anyaman kawat baja ini sengaja dibuat dengan teknik lilitan ganda yang membentuk lubang-lubang berbentuk segi enam supaya lagi lagi untuk menembah kekuatan kekangan dari anyaman baja. Anyaman ini diikat secara kuat di antara sisi-sisinya sehingga tidak mudah terurai. 

Ikatan anyaman inilah yang membuat bronjong mampu menahan tanah sehingga tidak terjadi longsor atau erosi. Kawat yang digunakan berbahan baja berlapis galvanis sehingga kawat tidak mudah berkarat atau lepas dengan yang lainya.

Dalam dunia konstruksi bangunan, ada istilah bronjong. Bronjong atau biasa disebut juga disebut sebagai gabion ini merupakan sebuah konstruksi dasar untuk sebuah bangunan. Di area tepi sungai, kamu pasti sering menemukannya. Bahkan bisa jadi rumah rumah yang teman teman huni saat ini pun menggunakan bronjong yang di fungsikan sebagai dinding bronjong.

Ide dinding bronjong ini sangat menarik banyak orang, mengapa demikian,? karena dinding brojong terlihat unik dan masih jarang yang menggunakan terutamanya di daerah indonesia, biasa orang indonesia ketika melihat sesuatu yang unik pasti langsung akan memakainya entah itu untuk kepentingan konsumen maupun kepetingnya sendiri, yang jelas dinding bronjong merupakan ide atau inovasi yang masih bagus di geluti dalam gunia konstruksi bangunan.

Fungsi bronjong pada umumnya adalah digunakan untuk melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing agar tidak terjadi longsor, tepi sungai, dan tepi tanggul. Bronjong juga bisa digunakan sebagai pembentuk bendungan untuk meningkatkan volume air sungai. Namun ada beberapa orang atau masyarakat bahkan negara yang mampu memfungsikan bronjong sebagai dinding atau hiasan hiasan lainya dimana ini dapat mengubah persepsi atau pandangan masyarakat tentang bronjong yang dahulu dahulu nya difungsikan sebagai penahan tanah pada bagian tepi sungai yang mengalami erosi akibat arus sungai yang deras dan terus-menerus terjadi.

Keunggulan bronjong
Dibandingkan penahan-penahan lainnya seperti misalnya penahan beton, bronjong memiliki keunggulan yang unik diantaranya adalah:

Fleksibel
Karena bronjong terbuat dari anyaman kawat yang diisi dengan batu batuan didalamnya bronjong ini fleksibel bisa mengikuti bentuk pergrakan tanah. Bronjon ini bentuknya tidak solid seperti beton, tetapi kekuatannya tidak diragukan lagi.

Tekanan yang diterima bronjong sangat kecil
Pada bronjong terdapat celah-celah kecil diantara bebatuan didalamnya, membuat air dapat mengalir diantara celah-celah tersebut sehingga menyebabkan tekanan air yang menabarak brojong berkurang dan membuat bronjong tidak akan ambrol/ jebol

Harganya yang sangat terjangkau
Dibandingkan dengan beton, harga bronjong lebih jauh dibawahnya. Hal ini di lihat dari segi teknik pembuatannya dan berat produknya, karena kawat bronjong lebih ringan dibandingkan besi beton maka biaya pengirimannyapun juga terbilang sangat murah dan lebih terjangkau. Pembuatan kawat bronjongpun juga sangat mudah dan cepat serta efisien dengan bantuan mesin-mesin canggih.

Bentuknya yang simpel atau sederhana
Bentuknya yang simpel namun sederhana, membuat Bronjong dapat dirangkai dengan peralatan tukang biasa secara sederhana, dan kawatnya juga ringan sehingga mudah dipindahakan kesana kemari.

Bagaimana teman teman sipilkusipilmu.com sekarang semuanya jadi sudah mengerti apa itu yang namanya bronjong kan,.terus gimana jadi tertarik untuk menggunakanya dirumah, serakang akan saya bagian nih.. ide menerik dinding bronjong. semoga bisa menginspirasi teman teman semuanya.











Related Posts

No comments:

Post a Comment