--> 7 Ide Desain Dapur yang REKOMENDASI | SIPILKUSIPILMU

Wednesday, 18 March 2020

7 Ide Desain Dapur yang REKOMENDASI

| Wednesday, 18 March 2020
Sebelum kita melangkah lebih jauh tentang 7 Ide Desain Dapur yang REKOMENDASI kita akan membahas terlebih dahulu tentang apa itu tentang dapur.

Dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan hingga siap untuk disajikan.

Memasak sudah dari dahulu sudah menjadi hobi yang menyenangkan bagi kaum hawa dan sebagian orang laki laki. Tak hanya wanita, hobi memasak pun ternyata digeluti banyak oleh kaum adam. Hal ini sangat terlihat dari kian tingginya jumlah koki pria dibanding dengan koki wanita. Kondisi tersebut tak semata-mata menunjukkan bahwa wanita tak mampu mencipta rasa sebaik pria, namun malah sebaliknya. hahaha.... jangan jangan?

Ternyata ranah rumah tangga pun bukan hal tabu dilakoni oleh lelaki sekalipun, termasuk beberapa pekerjaan lainnya. Sayangnya masih banyak masyarakat yang merasa itu berlaku sebaliknya.

Mereka yang memiliki hobi memasak mempunyai caranya yang tersendiri untuk menyalurkan hobinya kedalam masakan yang di tanganinya. Selain memilih profesi sebagai koki, adapula yang sengaja memilih desain kitchen set terbaik untuk dapurnya. Sebagai wujud kecintaannya pada dunia memasak, merogoh uang besar untuk mewujudkan mimpi tersebut bukan hal yang sulit bagi mereka yang memang sudah hobi sekali di dunia memasak atau koki.

Dengan kitchen set berkualitas serta peralatan memasak tercanggih, mereka yakin hobi memasak bukan sekedar mengenyangkan perut, tapi melainkan lebih dari itu, bagi meraka sangat segalanya.

5 Fungsi Dapur
  1. Tempatkan area persiapan makanan di antara lemari es dengan pembuangan sampah di dekatnya. Gunakan area ini untuk menyimpan pisau, talenan, alat ukur bahan makanan, blender, dan bumbu-bumbu penyedap/rempah-rempah.
  2. Letakkan area memasak di salah satu ujung dapur yang mencakup kompor, oven atau microwave, tergantung pada kebiasaan cara Anda memasak. Gunakan area ini untuk menaruh panci dan wajan, peralatan masak, minyak, sarung tangan antipanas, dan peralatan kecil seperti pemanggang roti atau penggorengan.
  3. Area cuci/pembersihan diletakkan di antara area persiapan makanan dan area memasak. Di sinilah terdapat wastafel dan mesin cuci piring jika ada. Taruh lap piring dan wadah penyimpanan di sini juga. Piring yang digunakan sehari-hari bisa juga disimpan di sini. 
  4. Tempat penyimpanan makanan ada di satu area bersama area pembersihan atau memasak. Ruang  inilah yang dapat digunakan untuk menyimpan loyang, rolling pin, mixer, mangkuk pencampur, dan buku masak.
  5. Makanan ringan/camilan letakkan di area lalu lintas pengguna di antara kulkas, area cuci, dan memasak. Anda dapat menaruh microwave, alat pembuat kopi, dan aksesori dapur di sini.
Pengertian Dapur dan Fungsinya Menurut Ahlinya

Menurut Sihite (2000:14) kitchen adalah ruangan khusus yang di peruntukkan sebagai tempat untuk memasak makanan. Dapur dapat di temui baik di dalam rumah, warung makan. Sedang Sudira (1996:1-4) menyebutkan pengertian dan kedudukan dapur dalam sebuah hotel sebagai berikut : “ kitchen is a room or other space ( as a well area or special bulding ) with facilitas for cooking. Dengan singkat dapat dikatakan bahwa sebuah dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan. 

Menurut Drs. Bagus Putu Sudiara, BA dalam buku pedoman Pusat pendidikan dan Latihan Pariwisata Dhyana Pura (2001) disebutkan pengertian dapur atau kitchen set sebagai berikut : “Kitchen is a room or other spaces (as a wall area of special building) with facilities for cooking’’.

Berdasarkan pendapat tersebut di atas dapat disimpulkan bahwa kitchen adalah satu unit yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk melakukan pengolahan bahan baku menjadi makanan siap saji disajikan dengan penampilan yang menarik dan rasa makanan yang baik. 

Dengan definisi tersebut dapat diambil keputusan bahwa dapur bahwa dapur memegang peranan penting dalam hal pengelolahan makanan yang disajikan atau dijual.

Dengan singkat yang dikatakan bahwa sebuah dapur adalah suatu ruangan atau tempat khusus yang memiliki perlengkapan dan peralatan untuk mengolah makanan dengan ciri-ciri sebagai berikut :
Ruangan dapur terpisah dari ruangan lainnya.
Lantai dibuat dari bahan yang kedap air dan tidak licin.
Tembok dapur atau kitchen set dilapisi dengan bahan kedap air, mudah untuk dibersihkan dari lantai sampai plafon.
Plafon dibuat datar dengan bahan cerah.
Memiliki penerangan yang cukup dan mampu menerangi ke segala arah.
Dibawah ini ada 7 Ide Kreatif desain Dapur Minimalis.








Related Posts

No comments:

Post a comment