Saturday, 1 June 2019

8 PROSPEK PEKERJAAN DI JURUSAN DPIB

| Saturday, 1 June 2019
DPIB

DPIB adalah Desain Permodelan dan Informasi Bangunan

Secara umum Desain Permodelan dan Informasi bangunan (DPIB) mempelajari ilmu tentang gambar konstruksi bangunan atau perencanaan bangunan, pelaksana bangunan, konstruksi bangunan, pengukuran tanah, gambar konstruksi menggunakan aplikasi komputer baik 2D maupun 3D, desain interior dan eksterior, konstruksi jalan dan jembatan, menghitung RAB, laporan pemangunan, dll.

Adapun pendapat lain yang menyatakan bahwa Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah jurusan yang mempelajari tentang perencanaan bangunan, pelaksanaan pembuatan gedung dn perbaikan gedung. kegiatannya adalah belajar menggambar rumah, gedung dan apartemen, menghitung biaya bangunan, melaksankan pembangunan dan memelihara kontruksi bangunan.


TUJUAN

Tujuan Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten dalam :

Melakukan pekerjaan sebagai Drafter/Juru Gambar dalam pekerjaan perencanaan bangunan. Melakukan pekerjaan sebagai Drafter/Juru Gambar dalam pekerjaan pelaksanaan bangunan. Melakukan pekerjaan jasa penggambaran bangunan secara mandiri / berwirausaha di Studio Gambar.

KOMPETENSI KEAHALIAN

Dasar-dasar gambar teknik.

Teknik pengukuran tanah.

Menggambar dengan perangkat lunak (komputer).

Menggambar konstruksi gedung.

Menggambar konstruksi jalan dan jembatan

Menghitung anggaran biaya banguna


8 PROSPEK PEKERJAAN DI JURUSAN DPIB

DRAFTER : Drafter bertugas membuat gambar bangunan baik itu gambar bangunan, gambar pelaksanaan / shop drawing atau gambar asbuilt drawing.

QUANTITY SURVEYOR : Bertugas menghitung volume item pekerjaan bangunan, jumlah material dan tenaga kerja yang dibutuhkan.

PELAKSANA LAPANGAN : Bertugas memanajemen pekerjaan pembangunan agar sesuai dengan batasan waktu yang ditargetkan, mengontrol kualitas pekerjaan, serta mengarahkan mandor atau tukang bangunan.

QUALITY QONTROL : Bertugas mengontrol kualitas pekerjaan proyek.

PENGENDALIAN PROYEK : Menghitung rencana anggaran biaya bangunan, rencana anggaran biaya pelaksanaan pada setiap pekerjaan bangunan dan memikirkan bagaimana sebuah pekerjaan bangunan memberikan keuntungan yang maksimal.

LOGISTIK : Bertugas menjamin ketersediaan material pada proyek bangunan.

KONSULTAN PERENCANA : Membuat desain bangunan dan menawarkan jasa konsultasi.

KONTRAKTOR / PEMBORONG : Melakukan kontrak kerja kepada pemilik bangunan agar mempercayakan pelaksanaan pembangunanyau Ukur Tanah

Related Posts

No comments:

Post a Comment