Thursday, 19 September 2019

Menggambar Teknik

| Thursday, 19 September 2019
Dalam dunia teknik, sering kita mendengar istilah gambar teknik atau menggambar teknik. Tapi tahukah sahabat sipilkusipilmu.com semua pengertian dan fungsi dari gambar teknik itu sendiri? Mengetahui pengertian serta fungsinya akan membuat sahabat sipilkusipilmu.com semua semakin matang dalam dunia teknik. 

Gambar teknik atau menggambar teknik sangat penting didalam dunia industri dan rekayasa proyek, baik itu arsitektur, sipil, mekanikal, elektrikal, piping (perpipaan) serta industri lainnya.

PENGERTIAN GAMBAR TEKNIK
Gambar teknik atau menggambar teknik adalah gambar yang terdiri dari simbol, garis, dan tulisan tegak yang bersifat jelas-tegas. Digunakan untuk memberikan penjelasan lengkap tentang suatu benda atau konstruksi, berdasarkan ketentuan dan standard teknik yang sudah disepakati oleh badan standardisasi, baik itu nasional maupun internasional. Gambar-gambar yang bersifat teknis yang berhubungan dengan teknik disebut juga "gambar teknik".

Di dunia ini badan standard yang sering kita dengar diantaranya JIS kependekan dari "Japanese Industrial Standard" merupakan badan standardisasi jepang. ISO kependekan dari "International Organisation for Standardization" merupakan badan standardisasi internasional yang bermarkas di Geneva, Swiss. Standard iso merupakan standard yang paling banyak dipakai diseluruh dunia. Dan masih banyak lagi badan standardisasi termasuk di indonesia ada SNI yaitu "Standard Nasional Indonesia".

Dari pembuatannya gambar teknik bisa dibuat secara manual maupun dengan alat (komputer) Software. Gambar teknik manual dibuat dengan tangan dan tanpa bantuan alat gambar. Alat untuk menggambar teknik salah satunya meja gambar. Dan yang pasti adalah komputer dengan software AutoCAD.

FUNGSI GAMBAR TEKNIK
Gambar Terknik memiliki fungsi sebagai gambar yang memuat segala informasi teknis dari suatu benda. Fungsinya adalah menerangkan data teknis yang mencakup diantaranya ukuran dan dimensi benda, visualisasi suatu benda, material yang digunakan, alur proses suatu pekerjaan, dan lain sebagainya, yang berfungsi memudahkan dalam proses pembuatan suatu benda, proyek, atau suatu konstruksi bangunan.

Gambar Teknik juga bisa di artikan sebagai:
  • Gambar Sebagai Media Komunikasi Teknik
Komunikasi tercipta oleh adanya pertukaran informasi dua arah, yaitu pembicara dan pendengar. Komunikasi dapat saja berupa ucapan yang diikuti oleh artikulasi suara, atau pun berupa isyarat, mimik, gerak tubuh ataupun berupa gambar.

Gambar sebagai media komunikasi diperlukan untuk memberikan kejelasan pada suatu ide atau rencana dari seseorang kepada komunikannya, baik itu seorang karyawan, pimpinan, user/ pengguna dan sebagainya.

Seorang perancang akan dapat mengkomunitasikan lewat sketsa yang dibuatnya di atas kertas kepada rekannya pada tempat/kantor dimana mereka bekerja. Akan menjadi rumit dan membingungkan manakala sketsa tersebut hadir berupa gambar dan harus dibaca oleh orang di luar lingkup divisi atau tempat mereka berada, atau dapat anda bayangkan bila mana orang tersebut adalah orang dari negara lain yang jelas memiliki bahasa yang berbeda dan dari tempat yang benar-benar berbeda. Untuk itu dibutuhkan standarisasi gambar yang dapat dimengerti dan dijadikan sebagai bahasa komunikasi bagi penggunanya.
Proses Menggambar dengan Metode "Menggambar Teknik"
  • Gambar Teknik
Bentuk gambar yang pertama kali ada berupa hieroglyphics di Mesir, yang kemudian disederhanakan dan menjadi simbol-simbol abstrak yang dipakai dalam huruf dan angka seperti saat ini.

Sebuah gambar adalah suatu bentuk goresan yang sangat jelas yang bersumber dari penggambaran benda sesungguhnya, ide atau sebuah rancangan gambar. Gambar dapat ditujukan pada dua hal, 
yakni :
a. Gambar sebagai suatu perwujudan artistik, dan
b. Gambar sebagai tujuan teknik.
  • Perlengkapan Gambar
Keahlian menggambar yang dimiliki seseorang jika tidak dilengkapi dengan kepiawaiannya dalam menggunakan alat-alat gambar tentu saja tidak akan maksimal pada hasilnya.

Peralatan gambar itu meliputi meja gambar, siku-T, segitiga, skala arsitek atau skala insinyur dan satu set instrumen gambar lainnya seperti mesin gambar, rol, pulpen dan pensil mekanik, mal, penghapus dan komputer.
  • Gambar Sebagai Bahasa Teknik
Walaupun orang di seluruh dunia berbicara dengan bahasa yang berbeda-beda, suatu bahasa gambar yang umum telah ada sejak awal waktu. Bentuk tulisan yang paling awal adalah melalui bentuk gambar, misalnya hieroglyphics Mesir. Kemudian bentuk-bentuk ini disederhanakan dan menjadi simbol-simbol abstrak yang dipakai dalam tulisan kita hari ini. Berbeda sekali dengan zaman sekarang ini broooh... hahahah

Sebuah gambar adalah suatu bentuk goresan yang amat sangat jelas dari benda nyata atau yang sebenarnya, ide atau rencana yang diusulkan untuk pembuatan atau konstruksi selanjutnya. Gambar mungkin berbentuk banyak, tetapi metode membuat gambar yang sangat jelas adalah sebuah bentuk alami dasar dari komunikasi ide-ide yang umum.
Proses Menggambar dengan Metode "Menggambar Teknik" 
Proses Menggambar dengan Metode "Menggambar Teknik"



Proses Menggambar dengan Metode "Menggambar Teknik"

Proses Menggambar dengan Metode "Menggambar Teknik"
Dalam dunia gambar atau arsitektur penemuan-penemuan baru dalam bidang arsitektur seperti menggambar cepat menggunakan software akan sangat mempermudah kerja manusia. Pada awalnya penemuan itu tercipta dalam pikiran ilmuwan yang ahli dalam bidang arsitektur. Suatu software, struktur atau sistem baru harus ada dalam pemikiran insinyur atau pembuata rencana sebelum bisa menjadi kenyataan. Konsep awal atau ide biasanya tertulis pada kertas atau sebagai suatu gambar pada layar komputer dan dikomunikasikan pada orang lain melalui bahasa gambar (graphic language) dalam bentuk sketsa-sketsa tangan.

Untuk itu seorang sarjana teknik sipil atau arsitektur harus mampu menuangkan ide-ide ciptaannya ke dalam gambar-gambar sketsa. Disamping itu seorang sarjana teknik sipil atau arsitektur harus mampu memberi contoh cara mengerjakan, langkah-langkah kerja atau proses pembuatan gambar sesuai dengan kreasinya masing masing.

Terimakasih sudah mengikuti web kami dan selalu memantau setiap perkembangan web kami, jangan lupa untuk selalu berlangganan artikel di web kami sipilkusipilmu.com.

Saya harap artikel tentang "Menggambar Teknik" ini bisa dimengerti, dan saya juga berharap tulisan-tuisan yang ada di sipilkusipilmu.com ini bisa membantu teman-teman semua dalam mempelajari tentang "Menggambar Teknik".

Related Posts

No comments:

Post a Comment