Monday, 16 September 2019

Pentingnya Autocad Didunia Kerja Nyata

| Monday, 16 September 2019
Di-Era sekarang ini perkembangan teknologi komputr, khususnya dalam kecanggihan dunia keteknikan sangat pesat sekali, baik dari segi perangkat keras hardware, perangkat lunak software ataupun jasa pelayanannya. 

Peranan komputer dalam usaha jasa konsultansi sampai akhir tahun 1990-an baru terbatas pada konsultan konsultan besar tetapi kondisi saat ini penggunaannya hampir merupakan kebutuhan pokok/utama bahkan pada seorang insinyur keteknikan. 

Salah satu teknologi computer yang diterapkan dibidang keteknikan adalah Computer Aided Design atau sangat kerap disebut dengan software (CAD)/(AUTOCAD), penggunaannya dianggap sebagai alat bantu gambar yang mentransfer pekerjaan di atas meja gambar ke layar monitor.

Kemajuan komputer dan software AUTOCAD pada khususnya harus diakui membawa kemudahan dalam menghasilkan produk gambar ARISETEKTUR dengan teknis yang SANGAT BAIK dan memberi banyak kemudahan serta keuntungan dalam dunia jasa konsultansi, tetapi hanya sebagian yang dapat dievaluasi dengan mudah, sebagian lainnya merupakan keuntungan yang tak terukur secara kuantitatif, seperti peningkatan kualitas pekerjaan, informasi akurat dan pengaturan yang lebih baik lainya lagi. Hal ini tentunya membawa perubahan pada kurikulum pengajaran pada dunia pendidikan, khususnya sekolah kejuruan dan keteknikan, yaitu dengan mencantumkan CAD sebagai mata pelajaran atau kuliah wajib atau pilihan, sebagai tambahan muatan ataupun pengganti pelajaran menggambar desain rumah atau arsitektur.

Dalam dunia jasa konsultan pembangunan, software AUTOCAD telah terbukti dengan sangat baik sebagai perangkat lunak disain dan perencanaan produk yang baik, jelas dan mudah untuk dioperasikan, gambar-gambar AUTOCAD dapat direvisi dengan mudah, diubah, diperbaiki, dicetak atau dibuat salinannya dalam waktu yang relative singkat. 

Keuntungan utamanya adalah dalam hal ketepatan, kemampuan disain, kualitas gambar serta dokumentasi yang tinggi, sementara kesuksesan dan kegagalan
dalam memanfaatkannya, umumnya tidak disebabkan oleh teknologi AUTOCAD yang ada,
tetapi lebih ditentukan oleh penggunanya dalam menggunakan software AUTOCAD serta bagaimana menejemen dan pengelolaan pemanfaatan CAD
tersebut dilakukan dengan baik.

Di-Era 4.0 ini perkembangannya saat ini didunia pendidikan dan dunia kerja/ jasa konsultan
terdapat beberapa pandangan yang keliru terhadap pemakaian software AUTOCAD karena dianggap setelah membeli system software AUTOCAD berarti membeli kecerdasan dan konsultan disain dan manfaat software AUTOCAD akan dicapai secara optimal. Sedangkan terhadap produk yang dihasilkan dirasakan adanya kesenjangan kualitas disain dari pemakainya. Memang yang memakainya saja tidak bisa... hahahaha

Kenyataan menunjukkan apabila pemakai software AUTOCAD mempunyai kemampuan sketsa/freehand drawing atau dasar-dasarmenggambar tangan yang baik akan menghasilkan produk yang lebih baik jika dibandingkan dengan pemakai yang kurang/tidak mempunyai kemampuan skill menggambar Teknik Arsitektur. Tangan yang baik, hal ini mengartikan bahwa software AUTOCAD disini hanya berfungsi sebagai alat
untuk membantu mewujudkan rancangan. Disisi lain produk yang dihasilkan dalam
setiap tahapan pekerjaan dalam jasa konsultan tidak semuanya tepat untuk
menggunakan software AUTOCAD, sebaliknya juga tidak semuanya tepat menggunakan freehand drawing/sketsa gambar manual yang menggunakan tangan dan pencil diatas kertas.

Dengan demikian akan menarik untuk mengerti produk-produk dalam tiap tahapan
pekerjaan jasa konsultan yang mana yang paling tapat digunakan system software AUTOCAD dan yang mana cocok menggunakan sketsal/freehand drawing atau menggambar manual yang menggunakan tangan kosong. 

Harapannya dengan membandingkan keduanya akan memberikan masukan pada dunia
pendidikan yang nantinya akan menghasilkan tenaga-tenaga professional di bidang
keteknikan terutama dalam teknik menggambar, khusunya arsitektur dalam menata kembali kurikulum pendidikannya.

Jadi sekarang sahabat sahabat semua sudah tau seberapa pentingnya software AUTOCAD dalam dunia kerja, bagaimana sudah kah sahabat semua menentukan pilihan kalian, banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seperti berikut,, BERAPA LAMA SAYA BISA MENGUASAI software AUTOCAD.???????? Bingung kan??? hehehe 

jadi kalian cukup memerlukan satu minggu untuk menguasai perintah-perintah didalam software AUTOCAD, selebihnya lagi terus dikembangkan dengan latihan latihan menggambar yang memanfaatkan software AUTOCAD, karna didalam belajar menguasai sebuah software, yang kita butuh kan itu kebiasaan kebiasaan kita menggunakan software tersebut, jadi intinya tidak ada batasan kapan kita benar-benar bisa menguasai sebuah software tersebut. Yang penting aktif ber experimen sahabat sahabat sipilkusipilmu. 

Teruslah mengembangkan sayap sahabat semua terus dikembangkan perintah-perintah apa saja yang sudah kita dipahami dan mencoba menggambar yang belum pernah kita gambar sebelumnya terus ber experiment, jadi bagi yang belum mengerti sama sekali, sipilkusipilmu akan berikan tips menguasai perintah-perintah dasat AutoCad hanya dalam satu minggu, tunggu artikel selanjutnya sahabat semuanya... 


Terimakasih sudah mengikuti web kami dan selalu memantau setiap perkembangan web kami, jangan lupa untuk selalu berlangganan artikel di web kami sipilkusipilmu.com.

Saya harap artikel tentang "Pentingnya Autocad Didunia Kerja Nyata" ini bisa dimengerti, dan saya juga berharap tulisan-tuisan yang ada di sipilkusipilmu.com ini bisa membantu teman-teman semua dalam mempelajari tentang "Pentingnya Autocad Didunia Kerja Nyata".

Related Posts

No comments:

Post a Comment