--> Kreasi Seni Batu | SIPILKUSIPILMU

Monday, 16 March 2020

Kreasi Seni Batu

| Monday, 16 March 2020
Stone Art atau Seni Batu yang merupakan hasil imajinasi permaduan antara corak batu dan pemikiran yang luas.

Arti batu menurut KBBI adalah benda keras dan padat yang berasal dari bumi atau planet lain. Sementara pengertian batu atau batuan secara umum adalah benda padat atau solid yang tebuat secara alami dari mineral dan atau mineraloid di lapisan Bumi.

Teman teman semua pasti sudah tidak awam dengan sebutan yang namanya batu, batu adalah sejenis bahan yang terdiri dari pada mineral dan dikelaskan menurut. komposisi mineral. Agar memiliki daya tarik yang tak biasa, sejumlah orang orang di indonesia terutamaanya menggunakan benda yang tak biasa sebagai kanvas seni mereka. Seorang seniman bernama Hirotoshi Ito yang berasal dari Jepang salah satunya yang menggunakan batu sebagai wadah dalam mengapresiasikan seninya.

Dari batu yang terlihat biasa, hingga kemudian Ito mengubah layaknya seperti dompet, atau bahkan menambahkannya dengan organ tubuh manusia seperti mata dan mulut serta burung. Keanehan yang diciptakan dalam karya seni Ito ternyata menarik perhatiaan khalayak ramai.

Seni batu atau seni cadas (Rock Art) adalah landscape art (seni bentangalam) berupa gambar, motif, atau desain yang terletak di alam seperti karang, gua (dinding maupun langit-langit), dan di hamparan tanah (Whitley. 2005).

Seni batu merupakan objek tiga dimensi dari karya manusia yang diakui secara khusus sebagai karya seni. Sebuah patung adalah tubuh tiruan dari suatu bentuk yang cara pembuatannya diukir karena pematung kuno menggunakan banyak teknik memahat. 

Jenis-Jenis Batuan Beku
Pengertian batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena pembentukan magma dan lava yang membeku atau mengering. Ada beberapa jenis batuan beku di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Batu Apung
Kegunaan batu apung antara lain dapat digunakan untuk mengamplas atau menghaluskan kayu, lalu juga digunakan sebagai bahan pengisi (filler) dan isolator temperatur tinggi di bidang industri.

2. Batu Obsidian
Batu obsidian terbentuk dari lava permukaan yang mendingin dengan cepat. Ciri-ciri batu obsidian adalah berwarna hitam, terlihat seperti kaca dan tidak ada kristal-kristal.

3. Batu Granit
Batuan ini banyak ditemukan di daerah pinggiran pantai dan di pinggiran sungai besar ataupun di dasar sungai. Kegunaan batu granit dapat digunakan sebagai bahan bangunan.

4. Batu Basalt
Kegunaan batu basalt dapat digunakan sebagai bahan baku dalam industri poles, bahan bangunan atau sebagai pondasi bangunan seperti gedung, jalan, jembatan dan sebagainya.

5. Batu Diorit
Batu diorit terbentuk dari hasil peleburan lantai samudra yang bersifat mafic pada suatu subduction zone, biasanya diproduksi pada busur lingkaran volkanis dan membentuk suatu gunung di dalam cordilleran.

6. Batu Andesit
Batu andesit terbentuk berasal dari lelehan lava gunung merapi yang meletus, terbentuk (membeku) ketika temperatur lava yang meleleh turun antara 900 sampai dengan 1,100 derajat Celsius.

7. Batu Gabro
Batuan ini memiliki tekstur fanerik karena mineral-mineralnya dapat dilihat langsung secara kasat mata dan bentuk mineralnya besar-besar. Kegunaan batu gabro ini antara lain adalah untuk penghasil pelapis dinding dan sebagai marmer dinding.

8. Batu Liparit
Batu liparit juga menjadi salah satu dari jenis batu-batuan beku. Batu liparit terbentuk dari berbagai macam mineral antara lain mineral feldspar, kuarsa, biotit dan mineral-mineral lainnya yang berwarna gelap.

Berikut adalah beberapa desain desain kreasi seni batu batuan yang indah dan menarik.























Related Posts

No comments:

Post a comment